Kamis, 28 Mei 2015

Contoh RPP IPS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan IPS
Dosen Pengampu : Rusmawan, M.Pd.









Disusun Oleh :


Yohanes Sigit Tri Wahyudi     (131134036)
Fransisca Any Tri Astuti                      (131134095)
Margareta Aprilia Husadani     (131134137)
Regina Ari Septiningrum                     (131134221)






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2015


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian
(RPPH)

Satuan Pendidikan              : SD N Condongcatur
Mata Pelajaran                                : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester                                : III/2
Alokasi waktu                                 : 2 x 35 menit


A.        Standar Kompetensi:
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

B.        Kompetensi Dasar:
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan

C.        Indikator:
1.  Kognitif
a.       Produk:
2.1.1 Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan
     jasa
b.       Proses:
2.1.2 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
2.  Afektif
2.1.3        Menunjukkan sikap percaya diri saat memperagakan jenis-jenis pekerjaan
2.1.4        Menunjukkan sikap kerjasama dengan teman kelompok saat
memperagakan macam-macam pekerjaan
3.  Psikomotor
2.1.5  Memperagakan jenis-jenis pekerjaan




D.        Tujuan Pembelajaran:
1.  Kognitif
a.       Produk
·         Setelah bermain peran, siswa mampu menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa dengan benar
b.       Proses 
·         Setelah melakukan tanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan dengan benar
2.  Afektif
·         Saat bermain peran, siswa mampu memperagakan jenis-jenis pekerjaan dengan sikap percaya diri.
·         Saat bermain peran, siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama dengan baik.
3.  Psikomotor
·         Saat bermain peran, siswa mampu memperagakan jenis-jenis pekerjaan dengan tepat.

E.        Materi Pembelajaran
Jenis-jenis pekerjaan

F.         Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran: Role Playing dan Pembelajaran Kooperatif tipe Make A
                                                                 Match
2.  Metode Pembelajaran: Bermain peran, tanya jawab, diskusi.









G.        Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Guru mengucapkan salam
·      Guru mengajak siswa untuk berdoa
·      Guru melakukan presensi
Apersepsi
·      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab mengenai pembelajaran yang akan diajarkan: “Apa pekerjaan orang tua kalian?” “Mengapa orang tua kalian bekerja?”
Orientasi
·      Guru menjelaskan apa saja kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
Motivasi
·      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Becak” yang telah diubah syairnya untuk memotivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
Halo kawan-kawanku apa kabar denganmu
Mari kita memulai pelajaran IPS
Siapkanlah hatimu siapkanlah semangatmu
IPS... IPS... Aku cinta IPS
Kita akan mengenal berbagai pekerjaan
Yang menghasilkan barang yang menghasilkan jasa
Berikan perhatian, konsentrasi ke depan
Ayo semua simak baik-baik
10 menit
Kegiatan inti
Eksplorasi
·      Guru menampilkan gambar tentang macam-macam pekerjaan yang ada di sekitar
·      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang macam-macam pekerjaan.
   Misalnya: “Orang yang pekerjaan mencari ikan di laut disebut...” 
Elaborasi
·      Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok
·      Guru menyiapkan 6 macam pekerjaan untuk dibagikan kepada masing- masing kelompok.
·      Guru melakukan pengundian macam-macam pekerjaan apa yang akan diperagakan oleh siswa.
·      Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok
·      Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang pekerjaan yang akan diperagakan.
·      Setiap kelompok maju untuk memeragakan hasil diskusi kelompok berdasarkan undian dan macam pekerjaan yang di dapat. (Kelompok lain menebak macam pekerjaan yang sedang diperagakan)
·      Salah satu siswa diminta untuk menuliskan macam-macam pekerjaan yang telah diperagakan di depan kelas.
·      Setiap kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada LKS,yaitu mengelompokkan macam-macam pekerjaan yang telah diperagakan berdasarkan hal yang dihasilkan.
·      Guru bersama siswa membahas jawaban yang ada di LKS
·      Setiap kelompok diberi gambar jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa untuk di tempel di depan kelas
·      Perwakilan kelompok maju untuk menempelkan gambar
Konfirmasi
·      Guru bersama siswa membahas gambar yang telah ditempel tentang jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa
·      Guru membagikan kartu jawaban kepada sebagian siswa dan membagikan kartu soal kepada sebagian siswa.
·      Guru meminta siswa untuk mencocokkan kartu yang didapatkannya.
·      Guru bersama siswa membahas kartu yang telah dicocokan oleh siswa.
50 menit
Penutup
Rangkuman
·      Guru memandu siswa untuk merangkum/menyimpulkan apa yang sudah dipelajari dengan lagu “Abang Tukang Bakso” yang liriknya disesuaikan
Ayo ingat-ingat kita b’lajar apa pada hari ini
Jenis pekerjaan ada dua macam hasilkan barang, jasa
Petani, nelayan, pengrajin gerabah menghasilkan barang
Dokter, tukang ukur, dan juga tentara menghasilkan jasa
Wahai kawan jangan lupa dicatat
Dalam buku agar kau tidak lupa
Evaluasi
·      Guru membagikan lembar evaluasi kepada siswa.
Refleksi
·      Guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan yang baru saja dilakukan.
Tindak lanjut
·      Guru memberikan tugas kepada siswa (PR) untuk dikerjakan di rumah, yaitu secara berkelompok mewawancarai orang yang ada di sekitar mereka sesuai dengan panduan yang dibagikan.
·      Guru mempersilakan siswa untuk beristirahat.
10 menit

H.        Penilaian:
1.    Penilaian Kognitif
a.               Penilaian Produk                     (terlampir)
b.              Penilaian Proses                      (terlampir)
2.    Penilaian Proses                                  (terlampir)
3.    Penilaian Psikomotor              (terlampir)


I.          Sumber Belajar dan Media Pembelajaran:
1.    Sumber Belajar:
a.       Buku BSE IPS kelas 3 SD

2.   Media Pembelajaran
a.             Gambar
b.            Kartu soal dan kartu jawab
c.             Papan jenis-jenis pekerjaan
d.            Lembar Kerja Siswa
e.             Power Point




Yogyakarta, 5 Mei 2015
                                                                                                                                                               Mahasiswa


                                                                                                                                                                       
Yohanes Sigit Tri Wahyudi   
Fransisca Any Tri Astuti                    
Margareta Aprilia Husadani   
Regina Ari Septiningrum                   


Lampiran Materi Ajar













LEMBAR KERJA SISWA



Satuan Pendidikan                          : SD N Condongcatur
Hari/Tanggal                                               : Rabu, 6 Mei 2015
Kelas/Semester                                            : III/2

Nama anggota kelompok:








I.                   Indikator hasil belajar
·         Setelah bermain peran, siswa mampu menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa dengan benar


II.                Petunjuk
  1. Bentuklah kelompok beranggotakan 6 siswa.
  2. Perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk mengambil undian.
  3. Diskusikan bersama dalam kelompok tentang undian yang telah didapat
( memperagakan jenis pekerjaan)
  1. Majulah ke depan kelas untuk memperagakan jenis pekerjaan yang sudah didapat.







Setelah memperagakan macam-macam pekerjaan, tentukan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa.


Pekerjaan yang menghasilkan barang
Pekerjaan yang menghasilkan jasa



























SOAL EVALUASI

Nama               :
Kelas               :
No.absen         :


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Mengapa orangtuamu bekerja?
2. Tuliskan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!
3. Tuliskan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa!





Kunci Jawaban:
1. Orangtuaku bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
2. 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang:
a. Petani,
b. Penjahit, dan
c. Nelayan
3. 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa:
a. Guru,
b. Dokter, dan
c. Hakim








Lampiran media

 


         


         




Lampiran penilaian
A.                            Penilaian Kognitif
1.                             Penilaian produk
Teknik penilaian                      : Tes tertulis
Bentuk penilaian                     : Esai
Instrumen penilaian     :Soal esai

Rubrik penilaian:
No. Soal
Skor
3
2
1
1
Menjelaskan alasan orangtua bekerja dengan benar
Menjelaskan alasan orangtua bekerja dengan kurang benar
Tidak dapat menjelaskan alasan orangtua
2
Menyebutkan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dengan benar
Menyebutkan 2 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dengan benar
Menyebutkan 1 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dengan benar
3
Menyebutkan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
Menyebutkan 2 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
Menyebutkan 1 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar


Nilai akhir =  x 100







2.              Penilaian Proses
Teknik penilaian             : Tes lisan
Bentuk penilaian                        : Pertanyaan lisan
Instrumen penilaian        : Daftar pertanyaan

Rubrik Penilaian
Kriteria
Skor
3
2
1
Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan dengan benar
Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan dengan kurang benar
Tidak mampu mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan


B.     Penilaian sikap
Teknik penilaian                : Observasi
Bentuk penilaian               : Contreng
Instrumen penilaian           : Lembar observasi tanpa skor

Rubrik Penilaian Sikap
No
Kriteria
Belum Terlihat

Mulai Terlihat
Mulai Membudaya
Sangat Membudaya
1
Percaya Diri
Siswa bermain peran dengan tidak bersungguh-sungguh dan tidak mampu berinteraksi dengan teman sekelompoknya
Siswa bermain peran kurang bersungguh-sungguh namun sudah mulai berinteraksi dengan teman sekelompoknya
Siswa mampu bermain bermain peran dengan cukup sungguh-sungguh dan sudah mampu berinteraksi dengan teman sekelompoknya
Siswa mampu bermain peran dengan sungguh-sungguh dan berinteraksi dengan teman sekelompoknya
2
Bekerja sama
Kurang menunjukkan kerjasama yang baik saat bermain peran
Terlihat kerjasama yang cukup baik saat bermain peran
Terlihat kerjasama yang baik saat bermain peran
Terlihat kerjasama yang sangat baik saat bermain peran


Penilaian pengamatan sikap:

No
Nama
Percaya Diri
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1








2








3

















Keterangan
BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Membudaya
SM = Sangat Membudaya

C.                 Penilaian psikomotor
Teknik penilaian               : Unjuk kerja
Bentuk penilaian              : Isian skor
Instrumen penilaian          : Format penilaian unjuk kerja
Rubrik penilaian
Aspek
Kriteria
3
2
1
Kepercayaan diri
Mampu memeragakan dengan berani dan ekspresif.
Mampu memeragakan dengan berani tetapi kurang ekspresif.
Kurang mampu memeragakan dengan berani dan ekspresif.
Kerja sama
Mampu menunjukkan kerja sama dengan baik saat berdiskusi
Mampu menunjukkan kerja sama dengan cukup baik saat berdiskusi
Kurang mampu menunjukkan kerja sama yang baik saat berdiskusi
Kesesuaian
Mampu mendeskripsikan macam pekerjaan dengan baik dan sesuai
Mampu mendeskripsikan macam pekerjaan dengan baik dan cukup sesuai
Kurang mampu mendeskripsikan macam pekerjaan dengan baik dan sesuai

Lembar penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Jumlah skor
Kepercayaan diri
Kerja sama
Kesesuaian
1.





2.





3.





4.





5.








Penilaian Proyek
Melakukan wawancara tentang macam-macam pekerjaan orangtua/ tetangga sekitar
Jenis penilaian: Nontes
Teknik penilaian: Proyek
Bentuk instrumen: Rubrik

Pedoman wawancara:
1.                                                                                                                    Identitas narasumber
2.                                                                                                                    Jenis pekerjaan
3.                                                                                                                    Alasan bekerja

Rubrik penilaian
Aspek
skor
3
2
1
Persiapan
Jika memuat tujuan, tempat, responden, dan daftar pertanyaan dengan lengkap
Jika memuat tujuan, tempat, responden, dan daftar pertanyaan kurang lengkap
Jika memuat tujuan, tempat, responden, dan daftar pertanyaan tidak lengkap
Pengumpulan data
Jika daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua dan data tercatat dengan rapi dan lengkap
Jika daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua, tetapi data tidak tercatat dengan rapi dan lengkap
Jika daftar pertanyaan tidak terlaksana semua dan data tidak tercatat dengan rapi
Pengolahan data
Jika pembahasan data sesuai dengan tujuan wawancara
Jika pembahasan data kurang menggambarkan tujuan wawancara
Jika sekedar melaporkan hasil wawancara tanpa membahas data
Penyajian data
Jika sistimatika penulisan benar dan bahasa komunikatif
Jika sistimatika penulisan benar namun bahasa kurang komunikatif
Jika penulisan kurang sistimatis dan bahasa kurang komunikatif














SOAL EVALUASI

Nama               :
Kelas               :
No.absen         :


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Mengapa orangtuamu bekerja?
2. Tuliskan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!
3. Tuliskan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa!










SOAL EVALUASI

Nama               :
Kelas               :
No.absen         :


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Mengapa orangtuamu bekerja?
2. Tuliskan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!
3. Tuliskan 3 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar