RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sekolah
Dasar : SD N Condongcatur
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
VI / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
1.
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam
pemecahan masalah
II.
Kompetensi
Dasar
1.3 Menyelesaikan masalah yang
melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
III.
Indikator
1.
Kognitif
Produk:
1.3.1
Menyebutkan contoh bilangan pangkat
tiga.
1.3.2 Menyebutkan contoh bilangan
akar pangkat tiga.
1.3.3 Memberikan contoh operasi hitung pangkat tiga untuk menyelesaikan masalah sehari-
hari
1.3.4 Memberikan contoh operasi hitung akar pangkat tiga
untuk menyelesaikan masalah sehari- hari.
Proses:
1.3.5 Mampu mengidentifikasi pangkat tiga suatu
bilangan.
1.3.6 Mampu
mengidentifikasi akar pangkat tiga
suatu bilangan.
1.3.7 Mampu memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan bilangan pangkat tiga
1.3.8 Mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
bilangan akar pangkat tiga.
2.
Afektif
1.3.9 Mampu menghargai teman lain saat menyampaikan pendapat mengenai
bilangan pangkat
tiga.
1.3.10 Mampu
menghargai teman lain saat menyampaikan pendapat mengenai bilangan akar pangkat tiga.
1.3.11 Mampu menerima
perbedaan pendapat dengan teman
lain saat menyampaikan pendapat mengenai bilangan pangkat tiga.
1.3.12 Mampu menerima
perbedaan pendapat dengan teman
lain saat menyampaikan pendapat mengenai bilangan akar pangkat tiga
1.3.13 Mampu bekerja sama
dengan teman ketika mendiskusikan bilangan pangkat tiga.
1.3.14 Mampu
bekerja sama dengan teman ketika mendiskusikan bilangan akar pangkat tiga.
3.
Psikomotor
1.3.15 Mampu menyelesaikan
soal-soal pangkat tiga dengan langkah- langkah yang urut dan benar.
1.3.16 Mampu
menyelesaikan soal-soal akar pangkat tiga dengan langkah- langkah yang urut dan
benar.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Produk
1.3.1.1 Siswa mampu menyebutkan dua contoh bilangan pangkat tiga dengan benar.
1.3.2.1 Siswa mampu menyebutkan dua contoh bilangan akar pangkat tiga dengan benar.
1.3.3.1
Siswa mampu memberikan dua contoh operasi
hitung bilangan pangkat tiga untuk menyelesaikan masalah sehari-
hari dengan benar.
1.3.4.1
Siswa mampu memberikan dua contoh operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga untuk menyelesaikan masalah sehari-
hari dengan benar.
Proses
1.3.5.1 Siswa mampu mengidentifikasi dua bilangan pangkat tiga dengan benar.
1.3.6.1 Siswa mampu mengidentifikasi dua bilangan akar pangkat tiga dengan benar.
1.3.7.1 Siswa mampu memecahkan dua permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan pangkat tiga dengan benar.
1.3.8.1 Siswa mampu memecahkan dua permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga dengan benar.
2.
Afektif
1.3.9.1 Siswa mampu menghargai teman saat menyampaikan pendapat
mengenai bilangan pangkat
tiga dengan baik.
1.3.10.1 Siswa
mampu menghargai teman saat
menyampaikan pendapat mengenai bilangan akar pangkat tiga dengan baik
1.3.11.1
Siswa mampu menerima
perbedaan pendapat dengan
teman lain saat menyampaikan pendapat mengenai bilangan pangkat tiga dengan baik.
1.3.12.1
Siswa mampu menerima
perbedaan pendapat dengan
teman lain saat menyampaikan pendapat mengenai bilangan akar pangkat tiga dengan baik.
1.3.13.1 Siswa mampu
bekerjasama dengan teman ketika mendiskusikan bilangan pangkat tiga dengan baik.
1.3.14.1 Siswa mampu
bekerjasama dengan teman ketika mendiskusikan bilangan akar pangkat tiga dengan baik.
3.
Psikomotorik
1.3.15.1 Siswa mampu menyelesaikan soal-soal pangkat tiga dengan langkah-
langkah yang urut dan benar.
1.3.16.1
Siswa mampu menyelesaikan soal-soal akar pangkat tiga dengan
langkah- langkah yang urut dan benar.
V. Materi Pokok / Ajar
- Bilangan pangkat tiga
- Bilangan akar pangkat tiga
VI. Pendekatan / Metode
Pembelajaran
1. Metode:
Ceramah,
diskusi, tanya
jawab, eksperimen, pemberian tugas
2.
Model Pembelajaran:
Contextual Teaching Learning
(Pembelajaran Kontekstual)
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru mengucapkan salam.
· Guru
mengajak siswa untuk berdoa.
· Guru
melakukan presensi kehadiran siswa dengan memanggil
satu persatu siswanya.
Apersepsi
·
Guru melakukan tanya jawab mengenai pembelajaran yang
lalu tentang
bilangan akar pangkat dua.
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai pembelajaran
yang akan diajarkan, “Apakah kalian pernah menghitung volume kubus?”
Motivasi
·
Guru
mengajak siswa untuk
menyanyikan lagu “Gembira Berkumpul” yang liriknya sudah
diganti.
Ayo kawan, ayo kawan belajar
Belajar hitung akar perpangkatan
Jangan malas, jangan malas berhitung
Berhitung akar dan perpangkatan
Akar dua, akar tiga
Pangkat dua, pangkat tiga
Ayo kawan
Berusaha, berusaha
Kita semua pasti bisa
·
Guru mengkaitkan
jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan, yaitu bilangan pangkat tiga dan bilangan akar pangkat tiga.
Orientasi
Guru memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran bilangan pangkat tiga dan bilangan
akar pangkat tiga
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa. (kontruktivisme)
Ada tiga orang guru akan memberikan permen kepada tiga orang siswa.
Masing-masing siswa akan mendapatkan permen dengan jumlah yang sama banyak,
yaitu tiga dari masing-masing guru. Berapakah jumlah permen yang harus
disediakan guru?(3 guru, 3 siswa, 3 permen)
·
Siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan.
·
Guru bersama siswa bermain peran untuk mensimulasikan konsep bilangan
pangkat tiga dengan menggunakan permen, untuk membuktikan kebenaran atas
pertanyaan yang diberikan. (inkuiri)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai konsep
bilangan pangkat tiga yang sebelumnya sudah disimulasikan. (bertanya)
·
Siswa diminta menyebutkan contoh lain penggunaan
pangkat tiga pada benda- benda yang ada di kehidupan sehari-hari.
·
Guru memberikan contoh lain penggunaan pangkat tiga pada benda- benda yang ada di
kehidupan sehari-hari.
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, masing- masing kelompok terdiri
dari 4 siswa. (masyarakat belajar)
·
Guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai tugas yang harus
diselesaikan dalam kelompok dan memberikan contoh cara menggunakan media
berupa kubus satuan.
·
Siswa memperhatikan penjelasan dari guru mengenai tugas yang harus
diselesaikan dalam kelompok.
·
Siswa menyusun kubus satuan untuk menemukan konsep akar pangkat tiga.
·
Siswa berdiskusi untuk menjawab soal akar pangkat tiga suatu bilangan
dengan menggunakan kubus satuan dalam kelompok.
·
Setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi
kelompok di depan kelas secara bergantian, siswa yang lain diminta untuk
memperhatikan.
·
Guru mengamati siswa yang menyampaikan penjelasan di depan kelas (jika
ada penjelasan yang keliru, guru memperbaiki).
·
Guru melakukan klarifikasi mengenai penjelasan yang telah dipresentasikan
siswa.
·
Siswa diminta menyebutkan contoh lain penggunaan akar
pangkat tiga pada benda- benda yang ada di kehidupan sehari-hari.
·
Guru memberikan contoh penggunaan akar pangkat tiga pada benda- benda yang ada
di kehidupan sehari-hari.
·
Guru memberikan post test kepada siswa berupa soal cerita (siswa menulis soal dan
menjawabnya di selembar kertas, kemudian dikumpulkan).
|
50
menit
|
Penutup
|
·
Siswa merangkum materi pelajaran
melalui tanya jawab dengan guru:
1. Apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
2. Apa pengertian dari bilangan pangkat tiga dan bilangan akar pangkat tiga?
3. Apa saja contoh penggunaan pangkat tiga dan akar pangkat tiga pada benda-
benda yang ada di kehidupan sehari-hari?
·
Guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan yang baru saja mereka
lakukan secara lisan. (refleksi)
1.
Apa yang kamu rasakan saat mengikuti
pembelajaran hari ini?
2.
Apakah kamu menemukan kesulitan saat
pembelajaran berlangsung? Jika ada, pada bagian manakah kamu mengalami
kesulitan?
·
Guru melakukan tindak lanjut dengan
memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.
·
Siswa
mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.
·
Guru mempersilakan siswa
untuk beristirahat.
|
10 menit
|
VIII. Penilaian hasil belajar
Penilaian dilaksanakan dengan instrument
:
Teknik :
lisan, tertulis, kinerja
Bentuk :
jawaban singkat
Alat penilaian:
a. Lembar
Kerja Siswa (terlampir)
b. Lembar
Kerja Kelompok (terlampir)
b. Kunci LKS (terlampir)
c. Rubrik penilaian (terlampir)
d. Lembar
Penilaian (terlampir)
IX. Sumber Materi / Alat
pembelajaran
1.
Sumber :
a. Buku
Matematika
Kelas VI
b. Buku penunjang yang sesuai
2.
Media :
a.
Permen
b.
Kubus satuan
Lampiran
Lembar Kerja Siswa
LEMBAR
KERJA SISWA
1. Jika panjang sisi suatu ruangan yang
berbentuk kubus adalah 4 m maka berapa m3
volume ruang tersebut?

2. Sebutkan masing-masing 2 contoh
pengunaan pangkat tiga dan akar pangkat tiga dalam kehidupan sehari-hari.

Lampiran Penilaian
A.
Penilaian
Kognitif
1.
Produk
-
Rubrik penilaian
Pernyataan
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Menyebutkan 2 contoh bilangan
pangkat tiga
|
Menyebutkan contoh bilangan
pangkat tiga tetapi kurang benar
|
Menyebutkan 1 contoh bilangan
pangkat tiga dengan benar
|
Menyebutkan 2 contoh bilangan
pangkat tiga dengan benar
|
Menyebutkan 2 contoh bilangan
akar pangkat tiga
|
Menyebutkan contoh bilangan akar
pangkat tiga tetapi kurang benar
|
Menyebutkan 1 contoh bilangan
akar pangkat tiga dengan benar
|
Menyebutkan 2 contoh bilangan
akar pangkat tiga dengan benar
|
Memberikan 2 contoh operasi
hitung bilangan pangkat tiga
|
Memberikan contoh operasi hitung
bilangan pangkat tiga tetapi kurang benar
|
Memberikan 1 contoh operasi
hitung bilangan pangkat tiga dengan benar
|
Memberikan 2 contoh operasi
hitung bilangan pangkat tiga dengan benar
|
Memberikan 2 contoh operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga
|
Memberikan contoh operasi hitung
bilangan akar pangkat tiga tetapi kurang benar
|
Memberikan 1 contoh operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga dengan benar
|
Memberikan 2 contoh operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga dengan benar
|
-
Lembar
penilaian
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
1.
|
Menyebutkan 2 contoh bilangan
pangkat tiga
|
|
2.
|
Menyebutkan 2 contoh bilangan
akar pangkat tiga
|
|
3.
|
Memberikan 2 contoh operasi
hitung bilangan pangkat tiga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
|
|
4.
|
Memberikan 2 contoh operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
|
|
Jumlah skor
|
|
Skor
total = Error!
Reference source not found.
x 100
2.
Penilaian
Proses
-
Rubrik penilaian
Pernyataan
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Mengidentifikasi 2
bilangan pangkat tiga
|
Mengidentifikasi
bilangan pangkat tiga dengan kurang benar
|
Mengidentifikasi 1
bilangan pangkat tiga dengan benar
|
Mengidentifikasi 2
bilangan pangkat tiga dengan benar
|
Mengidentifikasi 2
bilangan akar pangkat tiga
|
Mengidentifikasi
bilangan akar pangkat tiga dengan kurang benar
|
Mengidentifikasi 1
bilangan akar pangkat tiga dengan benar
|
Mengidentifikasi 2
bilangan akar pangkat tiga dengan benar
|
Memecahkan 2
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan pangkat tiga
|
Mampu memecahkan
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan pangkat tiga tetapi kurang
benar
|
Mampu memecahkan 1
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan pangkat tiga dengan benar
|
Mampu memecahkan 2
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan pangkat tiga dengan benar
|
Memecahkan 2
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
|
Mampu memecahkan
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga tetapi
kurang benar
|
Mampu memecahkan 1
permasalahan sehari-hari yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga dengan
benar
|
-
Lembar
penilaian
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
1.
|
Mengidentifikasi 2 bilangan
pangkat tiga
|
|
2.
|
Mengidentifikasi 2 bilangan akar
pangkat tiga
|
|
3.
|
Memecahkan 2 permasalahan
sehari-hari yang melibatkan bilangan pangkat tiga
|
|
4.
|
Memecahkan 2 permasalahan
sehari-hari yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
|
|
Jumlah skor
|
|
Skor
total = Error!
Reference source not found.
x 100
B. Penilaian Afektif
1. Skala
Sikap
- Rubrik penilaian
Pernyataan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Menghargai
teman yang berbeda pendapat
|
Kurang
baik dalam menunjukkan sikap menghargai teman yang berbeda pendapat
|
Cukup
baik dalam menunjukkan sikap menghargai teman yang berbeda pendapat
|
Baik
dalam menunjukkan sikap menghargai teman yang berbeda pendapat
|
Sangat
baik dalam menunjukkan sikap menghargai teman yang berbeda pendapat
|
Menerima
perbedaan pendapat antarteman
|
Menunjukkan
sikap menerima perbedaan pendapat antarteman dengan kurang baik
|
Menunjukkan
sikap menerima perbedaan pendapat antarteman dengan cukup baik
|
Menunjukkan
sikap menerima perbedaan pendapat antarteman dengan baik
|
Menunjukkan
sikap menerima perbedaan pendapat antarteman dengan sangat baik
|
Kerjasama
antarteman
|
Menunjukkan
sikap yang kurang baik antarteman ketika berdiskusi
|
Menunjukkan
sikap kerjasama yang cukup baik antarteman ketika berdiskusi
|
Menunjukkan
sikap kerjasama yang baik antarteman ketika berdiskusi
|
Menunjukkan
sikap kerjasama yang sangat baik antarteman ketika berdiskusi
|
-
Lembar
penilaian
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
Sikap
|
Skor
total
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
Menghargai
teman yang berbeda pendapat
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menerima
perbedaan pendapat antarteman
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kerjasama
antarsiswa
|
|
|
|
|
|
Skor
total = Error!
Reference source not found.
x 100
C. Penilaian Keterampilan
- Rubrik penilaian
Pernyataan
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kriteria
jawaban tiap nomor soal
|
Tidak
menjawab
|
Langkah
tidak urut dan hasil akhir tidak benar
|
Langkah
tidak urut tetapi hasil akhir benar
|
Langkah
urut tetapi hasil akhir tidak benar
|
Langkah
urut dan hasil akhir benar
|
-
Lembar
penilaian
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
1.
|
Menyelesaikan soal-soal pangkat tiga dengan
langkah-langkah yang urut dan benar
|
|
2.
|
Menyelesaikan soal-soal akar pangkat tiga dengan
langkah-langkah yang urut dan benar
|
|
Jumlah skor
|
|
Skor
total = Error!
Reference source not found.
x 100

Tidak ada komentar:
Posting Komentar