RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK HARIAN
(RPPTH)
Satuan Pendidikan :
SD Kristen Kalam Kudus
Kelas/ Semester :
IV/ 1
Mata Pelajaran :
PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Tema/ Sub Tema :
Indahnya Kebersamaan/ Bersatu dalam Keragaman
Pembelajaran ke- :
1
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
PPKn
|
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar
|
1.2.1
Bersyukur atas keberagaman yang ada di
lingkungan sekolah
|
2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud
keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
2.4.1
Berani menunjukkan perilaku bersatu di lingkungan sekolah
2.4.2
Menghargai sikap untuk mewujudkan persatuan yang dilakukan oleh teman lain
|
||
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat
|
3.4.1 Menyebutkan arti keberagaman
3.4.2 Menjelaskan keberagaman di lingkungan sekolah
|
||
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
|
4.3.1
Mempraktekkan kegiatan yang
membutuhkan kerjasama
|
||
2.
|
Bahasa
Indonesia
|
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
|
1.1.1
Bersyukur atas bahasa Indonesia yang dimiliki melalui doa
|
2.1 Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi
panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
|
2.1.2 Menghargai bentuk pemanfaatan kepedulian
energi bunyi dalam pemanfaatan yang dilakukan orang lain
2.1.3 Percaya diri dalam memanfaatan bahasa
Indonesia mengenai bunyi
|
||
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.4
Menganalisis kriteria penulisan laporan yang baik
3.1.5
Mendesain kerangka laporan tentang bunyi
|
||
4.1
Mengamati, mengolah, menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energy panas, bunyi, cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
degan memilih dan memilah kosakata baku
|
4.1.1
Membentuk bagan laporan percobaan
|
||
3.
|
Matematika
|
2.2
Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam melakukan tabulasi pengukuran
panjang daun-daun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan
dalam cm terdekat
|
2.2.1
Cermat dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang
2.2.2
Bertanggung jawab terhadap hasil tabulasi pengukuran panjang
|
3.3
Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
|
3.3.1
Menyebutkan arti pembulatan dalam hasil pengukuran
3.3.2
Memberi contoh pembulatan dalam pengukuran
|
||
4.14
Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana
|
4.14.2
Memindahkan hasil catatan pembulatan pengukuran panjang atau berat ke dalam tabel
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
PPKn
3.4.1.1 Siswa
mampu menyebutkan arti keberagaman dengan menggunakan kalimat sendiri melalui
kegiatan tanya jawab.
3.4.2.1
Siswa mampu menjelaskan keberagaman
di lingkungan sekolah dengan
menyertakan 1 contoh melalui kegiatan pengamatan.
4.3.1.1 Siswa
mampu mempraktekkan1 bentuk kegiatan yang memerlukan kerja sama melalui kegiatan
kelompok.
2.4.1.1 Siswa
mampu menunjukkan 1 sikap berani dalam menunjukkan perilaku bersatu di lingkungan
sekolah melalui kegiatan diskusi dalam kelompok.
2.4.2.1 Siswa
mampu menunjukkan 1 sikap menghargai untuk mewujudkan persatuan yang dilakukan oleh
teman lain melalui kegiatan diskusi kelompok.
1.2.1.1 Siswa mampu bersyukur atas keberagaman
yang ada di lingkungan sekolah minimal dengan menyusun doa melalui kegiatan
diskusi kelompok.
2.
Bahasa
Indonesia
3.1.1.1 Siswa mampu menganalisis kriteria
penulisan laporan yang baik dengan
menunjukkan hasil analisisnya melalui kegiatan diskusi
kelompok.
3.1.2.1 Siswa mampu mendesain kerangka laporan
tentang bunyi minimal dengan satu desain melalui kegiatan diskusi kelompok.
4.1.1.1 Siswa
mampu membentuk bagan laporan percobaan dengan berdasarkan hasil analisis
cerita melalui kegiatan diskusi
kelompok.
2.1.1.1
Siswa mampu menunjukkan 1 sikap menghargai
bentuk pemanfaatan kepedulian energi bunyi dalam pemanfaatan yang dilakukan
orang lain melalui kegiatan presentasi hasil percobaan.
2.1.2.1 Siswa
mampu menunjukkan 1 sikap percaya diri dalam memanfaatan bahasa Indonesia melalui
kegiatan presentasi hasil percobaan.
1.1.1.1
Siswa mampu bersyukur
atas bahasa Indonesia yang dimiliki
dengan
menyusun 1 doa melalui kegiatan diskusi kelompok.
3.
Matematika
3.3.1.1 Siswa mampu menyebutkan arti pembulatan
dalam hasil pengukuran dengan
menggunakan kata-kata sendiri melalui kegiatan tanya jawab.
3.3.2.1 Siswa
mampu memberikan 2 contoh pembulatan dalam pengukuran melalui kegiatan
persentasi hasil pengukuran.
4.14.2.1
Siswa mampu memindahkan hasil catatan
pembulatan pengukuran panjang ke dalam tabel tanpa bantuan guru melalui
kegiatan diskusi kelompok.
2.2.1.1 Siswa mampu menunjukkan 1 sikap cermat
dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang
melalui kegiatan menalar bacaaan.
2.2.2.1 Siswa
mampu menunjukkan 1 sikap bertanggung jawab terhadap hasil tabulasi pengukuran panjang
melalui kegiatan presentasi hasil pengukuran.
D.
Materi
Pembelajaran
PPKn : Keragaman di
Lingkungan Sekolah
Bahasa
Indonesia : Penyusunan Laporan
Percobaan
Matematika : Pembulatan dalam Pengukuran
Ringkasan
materi (terlampir)
E.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Tematik Integratif dan
Saintifik
Metode : Pengamatan, diskusi,
tanya jawab, ceramah
F.
Media
Alat Dan Sumber Pembelajaran
1. Media :gambar,
cerita, lagu “Bangun Pemudi Pemuda”
2. Alat/
Bahan : alat tulis
3. Sumber
Belajar :
Nurcholis, H, dan Mafrukhi..2013. Bahasa Indonesia Untuk SD/MI Kelas IV
Kurikulum 2013.Jakarta:
Erlangga. (hal 19-28)
Beny, Y. dan Murtini. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/ MI Kelas
IV. Jakarta: Pusat Perbukuan. (hal 32-34)
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Penggalan 1
a. Pendahuluan/ Kegiatan
Awal (15 menit)
·
Doa, presensi
·
Apersepsi : Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai
Indonesia
·
Motivasi
: Siswa dan guru bernyayi lagu “Bangun
Pemudi Pemuda”
·
Orientasi : Guru bertanyajawab dengan siswa terkait
lagu yang dinyayikan.
“Apa isi dari lagu
tersebut?”
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti (87 menit)
-
Siswa mengamati gambar
yang diberikan oleh guru mengenai para siswa sedang bekerja bakti (mengamati)
-
Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya akan gambar yang ada mengenai keragaman yang ada pada gambar (menanya)
-
Siswa secara
berkelompok mencari tahu informasi keberagaman
yang ada dalam kelompok (menalar)
-
Siswa membuat bagan
mengenai keberagaman yang ada di gambar tersebut
c. Kegiatan Akhir (3
menit)
-
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk istirahat
-
Guru memberikan nasehat
kepada siswa untuk berhati-hati selama istirahat
-
Doa istirahat
Penggalan
2
a.
Pendahuluan/
Kegiatan Awal (3 menit)
-
Doa setelah istirahat
-
Guru menanyakan
kegiatan siswa selama istirahat
-
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk mempersiapkan dirinya dalam menerima pelajaran
b.
Kegiatan
Inti (99 menit)
-
Siswa membaca sebuah
cerita yang berada dalam bahan ajar pembelajaran 1 mengenai contoh laporan
bunyi yang ada di dalamnya (mengamati)
-
Siswa menganalisis
bentuk dan langkah penulisan laporan bunyi dalam cerita dan menuliskan bagan
pembuatan laporan bunyi dengan diskusi (menalar)
-
Siswa mendiskusikan
panjang garputala dan pembulatan bilangan (menalar)
-
Siswa secara
berkelompok menuliskan arti pembulatan dalam bahan ajar berdasarkan penjelasan
pada bahan ajar (mencoba)
c. Kegiatan Penutup (3
menit)
-
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk beristirahat
-
Guru memberikan nasehat
kepada siswa untuk berhati-hati selama istirahat
-
Doa istirahat
Penggalan
3
a.
Pendahuluan/
Kegiatan Awal (3 menit)
-
Doa setelah istirahat
-
Guru menanyakan
kegiatan siswa selama istirahat
-
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk mempersiapkan dirinya dalam menerima pelajaran
b.
Kegiatan
Inti (37 menit)
-
Setiap kelompok
menyampaikan hasil pekerjaannya. (menyajikan)
-
Siswa lain menanggapi
hasil pekerjaan temannya.
-
Siswa dan guru bertanya
jawab akan bentuk-bentuk keragaman yang ada di sekolah, pengertian pembulatan
dan langkah pembuatan laporan (menanya)
-
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan dan makna dari
pembelajaran hari itu untuk menghargai bentuk keragaman yang ada, cermat dan
bersyukur atas apa yang Tuhan berikan (menyimpulkan)
-
Siswa memajang hasil pekerjaannya
berupa laporan bunyi di depan kelas (menyajikan)
-
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Jika ada siswa yang masih mengalami
kesalahan dalam konsep, maka guru membenarkan. Namun, jika sudah benar, maka
guru memberikan penguatan. (mengkomunikasikan untuk memberi
balikan)
-
Guru meminta setiap
kelompok menuliskan sebuah doa sebagai wujud syukur pada Tuhan pada bahan ajar
c. Kegiatan Penutup (30
menit)
-
Guru merangkum kegiatan
pembelajaran dari awal dengan meminta siswa menuliskan kesimpulan pada buku
-
Siswa melakukan refleksi atas pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru
-
Siswa mengerjakan post
test
-
Guru memberikan tindak lanjut pada siswa untuk membawa bahan
dan alat yang diperlukan dalam percobaan IPA dan mencatat keberagaman di
lingkugan tempat tinggal
-
Doa penutup, salam
H.
Penilaian
1.
Jenis/
teknik penilaian
Aspek Penilaian
|
Jenis
|
Teknik
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Tertulis
|
Keterampilan
|
Non
tes
|
Produk
|
Sikap
|
Non
tes
|
Penilaian
diri
|
2. Instrumen: Soal tes dan kunci jawaban serta tugas dan rubrik penilaian (terlampir)
3. Pedoman
penskoran : terlampir
I.
Lampiran-lampiran
-
Penilaian setiap muatan pelajaran
-
Soal post test
-
Lagu
PENILAIAN SETIAP MUATAN
PELAJARAN
PERTEMUAN
1
A.
Muatan
Pelajaran : PPKn
1.
Pengetahuan
Indikator
|
3.4.1Menyebutkan
arti keberagaman
3.4.2
Menjelaskan keberagaman di lingkungan sekolah
|
Teknik
Penilaian
|
Tes tertulis
|
Instrumen
|
Soal
·
Apa yang dimaksud
dengan keberagaman?
·
Berikan contoh dari
keragaman yang ada di lingkungan sekolah yang terdapat dalam cerita di atas!
|
Kunci Jawaban
·
Keberagaman adalah
berbagai jenis perbedaan yang ada. Keberagaman ada dalam lingkungan sekitar,
mulai dari lingkungan rumah, sekolah dan juga masyarakat. Jenis-jenis
keberagaman yang ada di lingkungan antara lain keberagaman fisik, keberagaman
sifat, keberagaman jenis pekerjaan, keberagamaan adat istiadat, keberagaman
agama, keberagaman bahasa dan lain-lain. Keberagaman tersebut menunjukkan
adanya berbagai macam jenis perbedaan yang ada di lingkungan.
·
Keberagaman yang ada di
cerita adalah warna kulit, rambut, tinggi badan, etnis dan sifat.
Rubrik
penilaian dan pedoman penskoran
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Siswa
mampu menyebutkan pengertian keberagaman dalam 3 kalimat.
|
3
|
Siswa
mampu menyebutkan pengertian keberagaman dalam 2 kalimat
|
2
|
|
Siswa
mampu menyebutkan pengertian keberagaman dalam 1 kalimat
|
1
|
|
2.
|
Siswa
mampu menyebutkan 3 contoh dengan benar
|
3
|
Siswa
mampu menyebutkan 2 contoh dengan benar
|
2
|
|
Siswa
mampu menyebutkan 1 contoh dengan benar
|
1
|
2.
Keterampilan
Indikator
|
4.3.3 Mempraktekkan kegiatan yang
menerapkan prinsip kerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan
sekolah
|
Teknik
Penilaian
|
Kinerja
|
Instrumen
|
Tugas
Bagaimana
dengan keberagaman yang ada di kelas atau sekolahmu? Diskusikan dengan
temanmu dan catatlah hasilnya pada tabel di bawah ini!
|
Tugas 1: Praktek
Diskusi
Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
No.
|
Ketentuan
|
4
Baik sekali
(A)
|
3
Baik
(B)
|
2
Cukup
(C)
|
1
Perlu bimbingan
(D)
|
1
|
Kemampuan
mempraktek-kan kegiatan
|
Siswa
mampu mempraktekkan kegiatan dengan jelas dan hasilnya benar
|
Mempraktekkan
kegiatan dengan jelas
|
Mempraktikkan
kegiatan yang hasilnya benar
|
Siswa
belum mampu mempraktikkan kegiatan kerjasama
|
3.
Sikap
sosial/ individu
Indikator
|
2.4.1 Berani menunjukkan perilaku
bersatu di masyarakat/ di lingkungan sekolah
2.4.3Menghargai sikap untuk mewujudkan
persatuan yang dilakukan oleh teman lain
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian diri
|
Instrumen
|
Tugas
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang
ada pada dirimu!
|
Format
Penilaian Diri
Nama siswa: …………….. Kelas/
No.Absen:…../……
Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
No
|
Aspek
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
Sikap berani
|
|||
1
|
Saya memiliki
semangat dalam melakukan perilaku bersatu di lingkungan sekolah
|
||
2
|
Saya memiliki kemauan
untuk melakukan perilaku bersatu di lingkungan sekolah
|
||
3
|
Saya melakukan
perilaku bersatu di lingkungan sekolah dengan cepat tanpa pikir panjang
|
||
4
|
Saya senang saat
melakukan perilaku bersatu di sekolah dengan cepat
|
||
Sikap menghargai
|
|||
1
|
Saya memberikan
pujian pada perilaku bersatu yang dilakukan oleh teman
|
||
2
|
Saya ikut memelihara
perilaku bersatu yang dilakukan teman
|
||
3
|
Saya meneruskan
perilaku bersatu yang dilakukan teman di lingkungan sekolah
|
||
4
|
Saya ikut merasa
senang pada teman yang melakukan perilaku bersatu di sekolah
|
Keterangan:
Jawaban
“ya” = skor 1, jawaban
“tidak” = skor 0
Rubrik penilaian dan
pedoman penskoran
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Sikap berani
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
Sikap menghargai
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
4.
Sikap
Spiritual
Indikator
|
1.2.1 Bersyukur atas kebersamaan dalam keberagaman
di Indonesia
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian produk
|
Instrumen
|
Buatlah doa syukur atas
keberagaman yang ada di lingkungan sekitarmu!
|
Rubrik penilaian sikap spiritual dan pedoman
penskoran
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Isi doa
|
Isi doa mengandung
ucapan syukur, ada harapan yang disampaikan, kalimat di susun menggunakan
bahasa Indonesia yang benar, doa terdiri atas sama dengan atau lebih dari 3
kalimat (memenuhi 4 komponen)
|
Memenuhi 3 unsur dari
4 komponen
|
Memenuhi 2 unsur dari
4 komponen
|
Memenuhi 1 unsur dari
4 komponen
|
B.
Muatan
Pelajaran : Bahasa Indonesia
1.
Pengetahuan
Indikator
|
3.1.5
Menganalisis kriteria penulisan laporan yang baik
3.1.6
Mendesain kerangka laporan tentang bunyi
|
Teknik Penilaian
|
Tes
tertulis
|
Instrumen
|
·
Menurutmu, bagaimana
isi dari penulisan laporan percobaan yang dibuat oleh Ni Luh? Tulislah
bagian-bagian laporan yang harus ada dalam laporan Ni Luh!
·
Apa saja hal yang
perlu diperhatikan dalam penulisan laporan percobaan?
|
Kunci Jawaban
·
Bagian-bagian dari
laporan percobaan
-
Judul
-
Identitas pengamatan ( tempat, waktu, pengamat)
-
Alat dan bahan
-
Cara kerja
-
Hasil pengamatan
-
Pertanyaan dan jawaban
-
Kesimpulan
·
Hal yang perlu
diperhatikan dalam penulisan laporan adalah penggunaan bahasa baku, pembuatan
catatan dari hasil pengamatan yang dilakukan dan pembuatan kerangka laporan.
2.
Keterampilan
Indikator
|
4.1.5
Membentuk bagan laporan percobaan
|
Teknik Penilaian
|
Produk
|
Instrumen
|
Tugas
Diskusikanlah informasi yang kamu dapatkan
dari laporan dalam cerita tersebut dan catat hasilnya!
|
Tugas
2 : Membuat bagan laporan
percobaan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
1
|
Isi materi bagan
|
Terdapat 5 isi materi
pada bagan
|
Terdapat 4 isi materi
pada bagan
|
Terdapat 3 isi materi
pada bagan
|
Terdapat 1-2 isi
materi pada bagan
|
2
|
Gambar bagan
|
Memenuhi 4 komponen
(tidak ada coretan, tulisan dapat dibaca, ada jarak antar bagan, bersih)
|
Memenuhi 3 dari 4
komponen
|
Memenuhi 2 dari 4
komponen
|
Memenuhi 1 dari 4
komponen
|
3.
Sikap
Sosial/ Individu
Indikator
|
2.1.2
Menghargai pemanfaatan bahasa Indonesia yang dilakukan oleh teman
2.1.3
Percaya diri dalam memanfaatkan bahasa Indonesia
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian diri
|
Instrumen
|
Tugas
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang
ada pada dirimu!
|
Format Penilaian Diri
Nama siswa : …………….. Kelas/ No.Absen:…../……
Berilah tanda cek (√)
sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
No
|
Aspek
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
Sikap menghargai
|
|||
1
|
Saya memberikan
pujian pada penggunaan bahasa Indonesia yang dilakukan oleh teman
|
||
2
|
Saya ikut memelihara
hasil pekerjaan teman lain yang memanfaatkan bahasa Indonesia
|
||
3
|
Saya merasa senang
saat teman dapat memanfaatkan bahasa Indonesia dengan baik
|
||
4
|
Saya mendengarkan
teman lain yang berbicara di depan kelas
|
||
Sikap percaya diri
|
|||
1
|
Saya berani tampil di
kelas untuk menyampaikan hasil pekerjaan dalam bahasa Indonesia
|
||
2
|
Saya berani menerima
ketika dikritik oleh orang lain dalam menyampaikan hasil pekerjaan dalam
bahasa Indonesia
|
||
3
|
Saya memiliki cara
pandang yang positif terhadap apa yang saya kerjakan
|
||
4
|
Saya yakin dengan apa
yang saya kerjakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
|
Keterangan:
Jawaban
“ya” = skor 1, jawaban
“tidak” = skor 0
Rubrik
penilaian sikap sosial/ individu
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Sikap menghargai
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
Sikap percaya diri
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
4. Sikap Spiritual
Indikator
|
1.2.1 Bersyukur atas kebersamaan dalam keberagaman
di Indonesia
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian produk
|
Instrumen
|
Buatlah doa syukur atas
kebersamaan yang kamu rasakan di Indonesia!
|
Rubrik penilaian sikap spiritual dan pedoman
penskoran
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Isi doa
|
Memenuhi 4 komponen
(Isi doa mengandung ucapan syukur kebersaman, ada harapan yang disampaikan,
kalimat di susun menggunakan bahasa Indonesia yang benar, doa terdiri atas
sama dengan atau lebih dari 3 kalimat)
|
Memenuhi 3 dari 4
komponen
|
Memenuhi 2 dari 4
komponen
|
Memenuhi 1 dari 4
komponen
|
C.
Muatan
Pelajaran : Matematika
1.
Pengetahuan
Indikator
|
3.3.1Menyebutkan arti
pembulatan dalam hasil pengukuran
3.3.2 Memberi contoh pembulatan dalam
pengukuran
|
Teknik
Penilaian
|
Tes
|
Instrumen
|
Soal
Apa yang dimaksud dengan pembulatan? Tulislah
pembulatannya berdasarkan hasil pengukuran dalam cerita tersebut !
|
Kunci Jawaban
·
Pembulatan adalah penambahan
bilangan ataupun pengurangan bilangan dalam jumlah tertentu.
Contohnya
153
cm dibulatkan menjadi 150 cm.
149 cm dibulatkan menjadi 150 cm.
Jika
angka satuan kurang dari 5 maka dibulatkan ke bilangan di bawahnya. Namun, jika
angka satuan sama dengan atau lebih dari 5 maka bilangan dibulatkan ke atas.
2.
Keterampilan
Indikator
|
4.14.2 Memindahkan hasil catatan
pembulatan pengukuran panjang atau berat ke dalam tabel
|
Teknik
Penilaian
|
Produk
|
Instrumen
|
Buatlah tabel dari
hasil catatan pembulatan di atas!
|
Tugas 3 :
Membuat tabulasi pengukuran
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
1
|
Hasil pemindahan
pembulatan
|
Catatan
dipindah sesuai dengan tabel dan jawaban benar
|
Catatan dipindah
sesuai dengan tabel dan jawaban salah
|
Catatan dipindah
tidak sesuai tabel dan jawaban benar
|
Catatan tidak
dipindah sesuai tabel dan jawaban salah
|
2
|
Gambar tabel
|
Memenuhi 4 komponen
(tidak ada coretan, tulisan dapat dibaca, bersih, jumlah kolom & baris
tabel sesuai dengan jawaban)
|
Memenuhi 3 dari 4
komponen
|
Memenuhi 2 dari 4
komponen
|
Memenuhi 1 dari 4
komponen
|
3.
Sikap
Sosial/ Individu
Indikator
|
2.2.1 Cermat dalam melakukan tabulasi
pengukuran
2.2.2 Bertanggung jawab terhadap hasil
tabulasi pengukuran
2.2.3 Kerjasama dengan teman dalam
melakukan tabulasi pengukuran
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian diri
|
Instrumen
|
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang
ada pada dirimu!
|
Format Penilaian Diri
Nama siswa : …………….. Kelas/ No.Absen :…../……
Berilah tanda cek (√)
sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
No
|
Aspek
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
Sikap
cermat
|
|||
1
|
Saya berhati-hati
dalam melakukan tabulasi pengukuran
|
||
2
|
Saya melakukan
tabulasi pengukuran sesuai dan urut dengan langkah yang diminta guru
|
||
3
|
Saya mengoreksi hasil
tabulasi pengukuran yang telah dilakukan lebih dari 1 kali
|
||
4
|
Saya sabar dalam
melakukan tabulasi pengukuran
|
||
Sikap tanggung jawab
|
|||
1
|
Saya melakukan
tabulasi pengukuran sesuai dengan tugas yang diberikan
|
||
2
|
Saya mengumpulkan
hasil tabulasi pengukuran setelah selesai dikerjakan
|
||
3
|
Saya memiliki peran
dalam kelompok saat melakukan diskusi terkait tabulasi pengukuran
|
||
4
|
Saya meminta hak
setelah selesai melakukan kewajiban melakukan tabulasi pengukuran
|
||
Sikap kerjasama
|
|||
1
|
Saya saling membantu
dengan teman kelompok untuk melakukan tabulasi pengukuran
|
||
2
|
Saya memiliki
pembagian tugas dalam kelompok untuk melakukan tabulasi pengukuran
|
||
3
|
Saya mengerjakan
tugas tabulasi pengukuran sesuai dengan pembagian yang saya dapat
|
||
4
|
Saya mau menjelaskan
cara tabulasi pengukuran ketika teman tidak tahu sampai ia paham
|
Keterangan:
Jawaban
“ya” = skor 1, jawaban
“tidak” = skor 0
Rubrik
penilaian sikap sosial/ individu
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Sikap cernat
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
Sikap tanggung jawab
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
Sikap kerjasama
|
Memenuhi 4 aspek
penilaian
|
Memenuhi 3 aspek
penilaian
|
Memenuhi 2 aspek
penilaian
|
Memenuhi 1 aspek
penilaian
|
SOAL POST TEST
Bacalah cerita di bawah
ini!
Ni Luh, Tirta
dan Nathanael menggunakan waktu
istirahat di sekolah untuk bermain bersama. Mereka sering memainkan permainan
engklek. Ni Luh, Tirta dan Nathanael saling menghargai perbedaan yang ada.
Tirta adalah siswa yang berasal dari daerah Palembang. Tubuh Tirta cukup
tinggi, yaitu sekitar 147 cm dan jika dilakukan pembulatan pada bilangan
tersebut maka tingginya menjadi 150 cm. Tirta adalah siswa yang sabar dan baik.
Nathanael adalah
siswa yang berasal dari Ambon. Nathanael senang sekali membantu teman yang
kesulitan dalam belajar dan juga jujur. Tubuh Tirta lebih tinggi dibanding
dengan Nathanael. Tinggi Nathanael yaitu sekitar 138 cm dan jika dilakukan
pembulatan pada bilangan tersebut maka tingginya menjadi 140 cm.
Ni Luh adalah
siswi yang berasal dari daerah Bali. Tinggi badan Ni Luh adalah sekitar 135 cm
dan jika dilakukan pembulatan pada bilangan tersebut maka tingginya menjadi 140
cm. Ni Luh adalah siswi yang rajin dan juga ramah. Walaupun banyak perbedaan
diantara mereka, mereka tetap bermain bersama dengan rukun.
Mereka pun
menghentikan permainan ketika jam istirahat selesai. Mereka melanjutkan
kegiatan pembelajaran IPA untuk melakukan percobaan dan pengamatan terhadap
bunyi. Mereka diminta untuk mengumpulkan 8 botol bekas dan diisi dengan air
berwarna dalam ukuran yang berbeda-beda, kemudian mereka diminta untuk meniup
mulut botol tersebut dan mendengarkan suara yang muncul. Air yang tinggi dalam
botol, akan menghasilkan nada yang tinggi. Ketinggian air yang rendah dalam botol
pun menghasilkan nada yang rendah. Kesimpulannya, meniup dari atas mulut botol
dapat membuat udara di dalam botol menjadi bergetar
Jawablah
pertanyaan di bawah ini berdasarkan cerita di atas!
1.
Apa
yang dimaksud dengan keberagaman?
………………………………………………………………………………………
2.
Berikan
contoh dari keragaman yang ada di lingkungan sekolah pada cerita di atas!
………………………………………………………………………………………
3.
Menurutmu,
bagian apa saja yang harus ada pada laporan percobaan Ni Luh?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa
saja hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan laporan percobaan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa yang
dimaksud dengan pembulatan? Buatlah tabulasi pengukuran dan pembulatan bilangan
dari tinggi badan Ni Luh, Tirta dan Nathanael pada cerita di atas!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar